Selasa, 26 April 2016

Check List Persiapan Pernikahan

Hai Brider.. First of all Congratulation ya buat kalian calon pengantin. Akhirnya hari yang diidamkan semua orang dateng juga ke kamu.

Oya sebelumnya kita kenalan dulu ya.. Kan ada pepatah bilang kalo ga kenal maka ga sayang, hehe..
Aku Jocelyn Stephanie, 23tahun dan tinggal di Jakarta. Ceritanya september 2015, aku dan pacarku memutuskan untuk meresmikan hubungan kita ke jenjang yang pernikahan. Selama persiapan kita ngalamin banyak hal buat disiapin, dari yang besar sampe kecil.
Jadi, tujuan ku buat blog ini buat nge-bantu apa aja yang akan di butuhkan menjelang pernikahan. So, kalo kalian mau tau baca dengan sesama ya. ;)

1. Venue/Tempat
Setelah dapet tanggal pernikahan yang ditentukan, hal pertama yang harus kalian cari yaitu Venue atau tempat untuk mengadakan pesta pernikahan sesuai dengan budged kalian berdua dan tentunya pertimbangan dari orangtua dan calon mertua kalian ya brider.
Dari pengalaman ku kemarin, ak mulai cari Venue sekitar H-10 bulan. Dan itu ya ampun... susahnya minta ampun. Jadi saranku buat kalian yang mau nikah ada baiknya 1-2 tahun sebelumnya udah cari-cari. Apalagi kalo kalian nikah dimusim orang nikah juga, kaya September - Desember. Kebanyakan untuk hari sabtu & minggunya udah pada penuh. Hhh..
Oya, selain budged jangan lupa pertimbangkan hal-hal seperti:
a. Apakah bulan yang dipilih musim hujan/panas? Hal ini bisa mempengaruhi lokasi yang akan dipilih didalam ruangan atau diluar ruangan.
b. Ada paket nikah ga? apa aja?
b. Lokasi macet kah untuk hari yang dipilih?
c. Jauh ga dari Rumah dan tempat Pemberkatan? Jangan sampe makan waktu dijalan seharian dan jadwal semua jadi telat gara-gara ini.
d. Lihat luas parkir nya, sesuai atau ga dengan jumlah undangan kita?

Nah.. setelah kalian tau pertimbangan apa aja, kalian bisa mulai pilih-pilih. Untuk mempermudah kalian cari pilihan venue. Kalian bisa dateng ke Pameran-pameran pernikahan seperti yang diselenggarakan Weddingku dan Cantik. Biasa dalam 1 tahun mereka buat 2x pameran (kalo ga salah), dan biasanya juga harga yang ditawarkan bisa lebih murah pada saar pameran. Atau kalian bisa cari vendor di www.bridestory.com.

2. Dekorasi
Nah, ketika Venue yang kalian pilih udah ada paket dekorasi, kalian ga usah repot cari-cari. Cuma tips yang bakal aku kasi ke kalian itu kalian harus jeli paket seperti apa yang di kasih dari pihak venue. Karena bisa-bisa ga sesuai dengan apa yang kita mau, dan berakhir dengan tambahan biaya lagi guys. Untuk dari itu kalian harus rajin buat dateng ke pesta orang lain yang diadakan di venue yang kalian pilih itu. Kalo kalian suka, kalian bisa langsung bilang ke pihak dekor tersebut.

3. Event Organizer
Hal yang ga kalah pentingnya yaitu Event Organizer atau EO. Biasanya ketika kita bertemu dengan pihak EO, kitra diberikan 2 pilihan yaitu EO hari H atau wedding planner. Binggung ya? Beda nya kalo EO hari H mereka hanya memberikan pelayanan atau bantuan di hari pernikahan kita aja, sedangkan wedding planner itu membantu kita dari awal perencanaan. Misalnya dari segi pilihan tempat, mereka bisa memberikan list dari berbagai venue sesuai dengan budged kalian dan kalian tinggal pilih mau yang mana. Tentunya dari segi harga Wedding Planner lebih merogoh kocek guys, cuma buat kalian yang super sibuk atau males buat cari-cari wedding planner pilihan tepat buat kalian.

4. Catatan Sipil
Udah pilih-pilih tempat dan dekor, jangan lupain yang satu ini. Karena bisa-bisa pernikahan kalian bisa ga diakuin negara loh hihi. Buat pasangan kalian yang ber-KTP kan luar kota, coba cari waktu yang tepat buat urus surat guna kebutuhan pernikahan, soalnya bisa ribet banget. Kalian harus minta surat keterangan + lain-lain dari kota asal KTP kalian. Buat detail persyaratannya ada lebih baiknya kalian dateng ke RT/RW kalian.

5. Gaun / busana
Gaun cukup memakan waktu ketika kalian pilih untuk jahit sendiri atau beli. Dibutuhkan waktu buat bolak-balik fitting supaya baju yang dibuat pas sama badan kalian. Semasa ini usahakan atur pola makan kalian biar baju yang dipakai bisa ga bolak balik di fitting gara-gara badan kalian sebentar kempes sebentar isi. hihiihi..

6. Salon / Makeup & Hairdo
Buat kalian calon bride yang memilih bridal dalam berbusana, biasanya mereka memberikan paket dengan berbagai pilihan. Salah satunya ialah makeup & hairdo. Kalian ga usah pusing cari orang khusus buat dandanin kalian, namun biasanya di hari H kalian di mimta untuk datang ke studio mereka. Jadi ya harus spare waktu buat jalan lagi meunju studionya. Tapi dari segi budged sih biasanya lebih murah.
Beda halnya kalo kalian pengen cari Makeup Artist khusus buat dandanin kalian, kalian harus udah cari dari jauh-jauh hari, takutnya tanggal pernikahan kalian ga sesuai dengan jadwal mereka.
Setelah dapet pendandan, daftarin siapa aja sodara yang bakal dandan di hari H kalian dan cari dimana kalian bakal dandanin mereka.

7. Souvenir
Tentukan budged kalian terlebih dahulu, lalu kalian bisa putuskan mana yang terbaik yang bakal jadi cindera mata khusus hari H kalian.

8. Kartu Undangan 
Yang diperlukan dalam pembuatan undangan ialah tema dan warna apa yang akan kalian gunakan di hari H kalian.

9. Mobil Pengantin

10. Kue Pengantin

11. Bunga
Hal kecil yang ga boleh dilupain yaitu bunga. Ada bunga tangan pagi, bunga tangan malam (untuk resepsi), dan juga corsage (yang biasa nempel di jas laki-laki).

12. Dokumentasi
Siapin dokumentasi yang terbaik dan sesuai dengan budged kalian tentunya, supaya moment yang cuma terjadi 1x di kehidupan kita bisa tersimpan pada selembar foto  tersebut.

Yaps, ini beberapa garis besar dari aku. Kalo ada kesalahan kata-kata mohon dimaafkan ya. :)
Untuk membantu kalian calon bride & groom, aku udah siapin foto yang berisi daftar persiapan pernikahan dalam bentuk kolom secara detail, kalian bisa tinggal print aja. ^^

Semoga blog dari aku bisa membantu kalian ya, good luck for the preparation.

@jswmakeupartist










8 komentar:

  1. thanks, sangat membantu ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. thankyou Yesi, semoga lancar ya sampe hari H :)

      Hapus
  2. Terima kasih ya Mba Jocelyn.. very usefull.. salam kenal ;)

    BalasHapus
  3. Terima kasih ya Mba Jocelyn.. very usefull.. salam kenal ;)

    BalasHapus
  4. Welcome sis, Goodluck ya.. :)

    BalasHapus
  5. Haloo, aku mau bagi pengalaman pernikahan kakakku. Jadi waktu itu kakakku dan pasangannya sibuk kerja kan jadi memang susah untuk ngurusin sendiri, nah karena kakakku nyari tempat pernikahan yang memang aksesnya mudah jadi dia nyari yang tengah2 dan ga terlalu macet. Akhirnya kakakku mutusin buat nikah di Elnusa, letaknya kalau ga salah di Tb.Simatupang deket Citos. Nah disana ternyata sudah ada paketan weddingnya juga dan sudah ada WOnya. Waktu itu kakakku dibantu sama Kak Ali, nah disana bener2 dibantuin dari awal sampe akhiir. Walaupun kakakku dan pasangannya sibuk kerja tapi urusan pernikahannya ga sampai keteteran karena bener2 dibantuin. Jadi disana itu udah semua2nya diurusin, kakakku tinggal ngurusin souvernir dan undangan aja. Bahkan ada Wedding Plannernya gitu yang mengatur jadwal kakakku untuk visit2 vendor dan testfood, jadi bener2 bikin kakakku ga pusing mikirin pernikahannya. Dari awal kakakku persiapan acara sampai akhir acara bener2 ga dilepas sama WOnya, dan hal itu ngebuat mamahku ga terlalu banyak ikut campur. Jujur Pelayanannya bener2 bagus, walaupun kakakku dan pasangannya kadang suka banyak maunya tapi tuh kayak diturutin terus gituu. Alhamdulillah keluargaku dan kakakku puas sih nikah di HIS Graha Elnusa. Kalo kalian berminat aku ada nih kontaknya yang waktu itu bantuin kakakku, namanya Kak Ali, nomornya 087884761964. Semoga bisa membantu kaliaan

    BalasHapus
  6. Hallo, aku mau sharing tentang pernikahan aku di gedung HIS GRAHA ELNUSA di TB Simatupang yang sudah full karpet harganya jauh lebih murah looh untuk gedung di daerah Jak-Sel, parkirannya juga luas bgt, udah gitu gak ribet cari2 vendor lg karena disitu sistemnya udah ALL IN PACKAGE dan sudah ada WEDDING PLANNERnya juga..

    Kemarin acara aku di arrange sama wedding consultant yang kooperatif bgt acara berjalan lancar dengan budget aku yg tidak terlalu mahal dan masuk akal..

    Silahkan langsung kontak wedding consultant yang handle aku 085887972972 mba INES namanya dia udh berpengalaman dalam hal wedding biasanya juga dia suka kasih bonus banyaakk.. hehehe ;)

    BalasHapus